Latest News

Thursday, March 22, 2018

Tanggapan Atas Tuduhan No 15 - 4.Yesus mengatakan bahwa dirinya hanya seorang Rasul/Nabi/utusan Tuhan/pemimpin

4. Yesus mengatakan bahwa dirinya hanya seorang Rasul/Nabi/utusan Tuhan/pemimpin :
Yohanes, 12:49 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Matius, 15:24-26 “Aku diutus hanya kepada … umat Israel .” = Rasul Allah.
Yohanes, 17:3 “Yesus yang telah Engkau (Allah) utus.” = Rasul Allah.
Matius, 10:40 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Matius, 23:10 “Hanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat.
Markus, 6:4-6a “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Lukas, 4:18 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Lukas, 4:24 “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Lukas, 4:43 “Untuk itulah aku diutus.” = Rasul Allah.
Lukas, 7:16 “Yesus membenarkan orang yang mengatakan dirinya hanya Nabi.”
Lukas, 7:39 “Yesus diam saja, ketika orang menyebut dirinya hanya seorang Nabi.”
Lukas, 9:48 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Lukas, 10:16 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 4:34 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 4:44 “Yesus bersaksi bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Yohanes, 4:19 “Yesus membenarkan wanita yang menyebut dirinya hanya Nabi.”
Yohanes, 6:38 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 6:39 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 6:57 “Bapa/Allah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 7:16 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 7:33 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 8:29 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 8:18 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 9:4 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 11:42 “Engkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 17 :6-9 “Engkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Semua yang diutus Tuhan adalah hamba Tuhan : Mat 12:17 & Kis 4:27.
Hamba Tuhan tidak pantas disebut sebagai Tuhan: Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18.

Tanggapan 15:


Mengenai Yesus Kristus diutus, tidak ada yang aneh bahwa Yesus Kristus yang kami imani adalah Allah, dapat diutus Bapa yang adalah Allah. 
Bapa mengutus Yesus Kristus sama halnya Allah mengutus Sang Firman, jadi bisa diartikan Allah mengutus Allah (baca selengkapnya Injil Yohanes pasal 1). 

Bandingkan dengan : 

    * Yesaya 55:11 LAI TB, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. KJV, So shall my word be that goeth forth out of my mouth: it shall not return unto me void, but it shall accomplish that which I please, and it shall prosper in the thing whereto I sent it. Hebrew, 
    כֵּן יִהְיֶה דְבָרִי אֲשֶׁר יֵצֵא מִפִּי לֹא־יָשׁוּב אֵלַי רֵיקָם כִּי אִם־עָשָׂה אֶת־אֲשֶׁר חָפַצְתִּי וְהִצְלִיחַ אֲשֶׁר שְׁלַחְתִּיו׃ 
    Translit interlinear, KEN {demikian} YIH'YEH {ia akan menjadi} DEVARI {firman-Ku} 'ASHER {yang} YETSE' {ia keluar} MIPI {dari mulut-Ku} LO'-YASHUV {tidak ia akan kembali} 'ELAY {kepada-Ku} REYQAM {sia-sia} KI {bahwa} 'IM-'ASAH {ia akan melaksanakan} 'ET-'ASHER {yang} KHAFATSTI {Aku berkenan} VEHITSLIAKH {dan ia berhasil} 'ASHER {yang} SHELAKHTIV {Aku utus kepadanya}


Perhatikan bahwa "firman-Ku" itu selanjutnya menggunakan kata ganti orang ketiga. Selanjutnya perhatikan kata שלחתיו - SHELAKHTIV. Kata ini berasal dari kata שלח - SHALAKH"mengutus", seperti Nuh "mengutus" seekor burung gagak dan merpati saat air bah, Tuhan "mengutus" malaikat-Nya (Kejadian 24:7), dan ini salah satu ayat populer dengan kata שלח - SHALAKH


    * Keluaran 3:14 LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus (SYALAKH) aku kepadamu." KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sentme unto you. Hebrew, 
    וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־מֹשֶׁה אֶהְיֶה אֲשֶׁר אֶהְיֶה וַיֹּאמֶר כֹּה תֹאמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶהְיֶה שְׁלָחַנִי אֲלֵיכֶם׃ 
    Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} 'EL-MOSHEH {kepada Musa} 'EHEYEH {Aku akan ada} 'ASHER {yang} 'EHEYEH {Aku akan ada} VAYO'MER {dan Dia berfirman} KOH {demikian} TO'MAR {engkau harus berkata} LIVENEY {kepada anak-anak dari} YISH'RA'EL {Israel} 'EHEYEH {Aku akan ada} SHELAKHANI {mengutus aku} 'ALEYKHEM {ke atas kalian}

Bukankah Allah dapat "mengutus" firman-Nya seperti Yesaya 55:11 di atas?

Yesus Kristus "diutus" Bapa, datang ke dunia dalam daging (inkarnasi) untuk melakukan misi penyelamatan bagi umat manusia, sama sekali tidak mengecilkan Hakikat Yesus sebagai Allah.

No comments:

Post a Comment